Kamis, 19 Juni 2014

Dismenorea

 Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut menjelang haid yang dapat berlangsung 2- 3 hari, dimulai sehari sebelum mulai haid. Jika Anda mengalami
dismenorea primer, dan merupakan hal yang normal atau fisiologis. Nyeri perut saat haid atau dismenorea yang dirasakan setiap wanita berbeda - beda, ada yang sedikit terganggu namun ada yang sangat terganggu hingga tidak dapat menjalan aktivitas. Nyeri perut bawah yang seringkali dirasakan menjelang haid sebenarnya wajar terjadi. Namun, sensasi nyeri haid yang terjadi pada beberapa kasus merupakan kemungkinan akibat adanya gangguan dari sistem reproduksi, wanita yang dikenal dengan istilah dismenorea sekunder. Beberapa kondisi yang dapat menimbulkan keluhan serupa dengan nyeri haid diantaranya:
nyeri haid ini sejak pertama kali haid, hal ini dsebut
  1. Endometriosis, yaitu suatu kondisi jaringan yang melapisi uterus (rahim) yaitu endometrium ditemukan diluar uterus.
  2. Penyakit Radang Panggul, yaitu infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang dimulai dari uterus (rahim) dan dapat menyebar ke organ reproduksi lainnya.
  3. Stenosis Serviks, kondisi ini dikenal juga sebagai penyempitan leher rahim. Gangguan ini sering disebabkan oelh adanya jaringan parut.
  4. Tumor (fibroids), yaitu perkembangbiakan dari dinding dalam uterus.
Dismenorea bukan PMS. Dismenorea primer primer umunya tidak ada hubungan dengan kelainan pada organ reproduksi wanita dan hanya terjadi sehari sebelum haid atau hari pertama haid. Nyeri perut ini juga tidak ada hubungannya dengan PMS yang mulai terasa 10 - 14 hari sebelum haid. Gejala malah hilang begitu haid datang., Kalau dismenorea membaik atau bahkan hilang sama sekali setelah seseorang melahirkan, tidak demikian dengan PMS. Wanita yang pernah melahirkan malah berisiko lebih tinggi menderita PMS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar