Jumat, 13 Juni 2014

Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya


Masalah keputihan merupakan masalah yang klasik dan selalu menjadi persoalan bagi kaum wanita. keputihan atau Flour albus adalah suatu kondisi di mana cairan yang berlebihan keluar dari
organ intim. Banyak wanita yang menyepelekan masalah keputihan. Oleh karena itu, sangat penting bagi wanita untuk mengetahui maslah keputihan sejak dini. Jika lambat ditangai bisa berakibat sangat fatal karena keputihan yang tidak normal dapat menularkan ifeksi dan masalah organ intim lain kepada pasangan hidup kelas dan mengganggu kesuburan sehingga dapat menghambat proses terjadinya kehamilan, bahkan kemandulan.

Kondisi keputihan dapat diamati dari warna dan bau pada cairan yang keluar dari organ intim. Keputihan yang normal biasa terjadi saat sebelum atau sesudah menstruasi dan saat mengalamai rangsangan. Ciri-ciri keputihan yang normal, antara lain cairan encer berwarna transparan atau bening, tidak lengket, tidak bau, dan tidak gatal. para wanita yang memiliki keputihan dengan ciri - ciri diatas tidak perlu khawatir karena hal ini normal terjadi pada setiap bulan. Jika kita merasa tidak nyaman, sebaiknya bersihkan organ intim dengan air bersih, setelah itu keringkan dengan handuk bersih atau tisu, lalu gantilah pakian dalam. Sedangkan, untuk keputihan tidak normal merupakan keputihan yang tidak normal menjadi pertanda adanya penyakit di organ intim atau di rahim.

Ciri-ciri keputihan yang tidak normal antara lain cairan kental dan banyak, berwarna ptuih susu, kuning kehiau-hijauan, atau keabu-abuan, lengket, gatal, bau tidak sedap, dan sering meninggaklakn bekas atau bercak pada pakiana dalam. Beberapa penyebab keputihan yang tidak normal adalah infeksi, bakteri, virus, jamur, atau parasit. Biasanya disertai rasa gatal di dalam organ intim dan di sekitar bibir organ intim bagian luar. Segera periksakan ke dokter untuk tindakan lebih lanjut dan penanganan yang tepat. Pengobatan untuk keputihan harus melalui tahapan pemeriksaan khusus dan melihat faktor penyebaba keputihannya. peberian obat harus melihat akar penyebab keputihan. Keputihan tidak normal harus segera diatasi dengan obat keputihan yang khusus untuk mengatasinya agar keputihan tidak datang lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar